Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas AP-K7-04: Bermain dengan Suara dan Lebih Natural – Halo sobat, pada kesempatan ini akan dibahas tentang materi bermain dengan suara dan lebih natural. Di mana kalian akan belajar tentang tentang pemrograman visual. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Informatika SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka. Untuk penjelasan selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini !
Aktivitas Individu
Aktivitas AP-K7-04: Bermain dengan Suara dan Lebih Natural
Dalam pemrograman visual, penggunaan suara sangatlah penting. Hal ini dapat membuat hasil visualisasi sebuah karya menjadi lebih hidup.
Baca Juga : Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grafis
BUNYI-BUNYIAN
Langkah | Tampilan |
1. Apa yang terjadi apabila kode program diubah menjadi seperti ini? | Jawab : |
2. Apa yang terjadi apabila blok play sound ditempatkan sebelum blok forever? | Jawab : |
3. Selain menggunakan blok play sound, untuk menggunakan suara, dapat menggunakan blok start sound. Kira-kira apa bedanya? | Jawab : |
4. Kalau diperhatikan, sprite kucing bergerak cepat (ini karena blok move hanya 10 langkah). Bagaimana caranya agar sprite kucing tetap bergerak setiap 10 langkah, tetapi lebih perlahan jalannya? *clue: gunakan blok control wait dan carilah berapa waktu yang paling baik untuk membuat sprite kucing seperti berjalan normal. | Jawab : |
5. Apabila waktu wait makin besar, apa yang terjadi? | Jawab : |
6. Jika diperhatikan, sprite kucing tersebut bergerak kaku. Setiap sprite default dari Scratch memiliki costumes atau bentuk yang lain disediakan. Kalian dapat memanfaatkan costumes ini agar sprite kucing bergerak dengan lebih natural. Bagaimana caranya? | Jawab : |
Baca Juga : Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi Halaman 75
Jawaban :
1. Yang terjadi sesuai kode adalah ketika tombol space ditekan, sprite akan mengeluarkan suara “meow” setiap bergerak, lalu maju perlahan secara terus- menerus dan ketika mencapai ujung, sprite akan kembali ke titik awal, dan begitu seterusnya.
2. Yang terjadi ketika “play sound” ditempatkan sebelum control “forever” adalah suara “meow” hanya terdengar 1x dan sprite bergerak maju dengan cepat dan ketika mencapai ujung, akan kembali ke titik awal, dan begitu seterusnya.
3. Beda play sound dan start sound adalah play sound akan menyelesaikan dulu suaranya sampai selesai baru kode lain dijalankan. Start sound akan dijalankan tanpa menunggu suara selesai. Efeknya untuk contoh kode yang pertama ialah ketika menggunakan start sound, suara “meow” akan terdengar tumpeng tindih.
4. Cara agar sprite kucing bergerak lebih perlahan adalah: menambahkan wait.
5. Jika nilai wait makin besar, sprite akan bergerak semakin lambat.
6. Cara untuk memanfaatkan costumes :
Baca Juga : Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Uji Kompetensi : Berbagi Batang Kayu
Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas AP-K7-04: Bermain dengan Suara dan Lebih Natural Semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat belajar !
Disclaimer :
Pemerhati Pendidikan, Guru SMA di salah satu sekolah di Indonesia