Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas AP-K7-03: Jalan Tanpa Henti – Halo sobat, pada kesempatan ini akan dibahas tentang materi Jalan Tanpa Henti. Di mana kalian akan belajar tentang tentang kode Control. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Informatika SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka. Untuk penjelasan selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini !
Aktivitas Individu
Aktivitas AP-K7-03: Jalan Tanpa Henti
Pada aktivitas ini, kalian akan belajar tentang kode Control. Kalian dapat mengatur berapa banyak kode berulang dan kondisi dari sprite. Dengan kode ini, diharapkan kalian dapat mengatur kode program dengan lebih baik. Dengan kode Control yang tepat, akan membuat program kalian menjadi lebih nyaman untuk dijalankan. Kalian harus dapat membedakan perulangan terbatas dan tidak terbatas. Selain itu, pengecekan kondisi juga sama pentingnya.
Baca Juga : Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grafis
JALAN TANPA HENTI
Langkah | Tampilan |
1. Dengan menambahkan kode control forever, sprite kucing dapat berjalan per 10 langkah terus- menerus sampai ujung dengan satu kali event (contoh ketika bendera hijau ditekan). Kode untuk perulangan tidak terbatas: forever. | |
2. Apa efeknya kalau kode control forever diganti dengan kode control repeat sebanyak 5x? Tuliskan perbedaannya ketika program dijalankan. | Jawab : |
3. Kalian dapat menambahkan kode looks next costume untuk mengubah tampilan dari sprite sesuai Also Read: Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Uji Kompetensi BAB 5 Jaringan Komputer Dan Internet Halaman 110 costumes yang ada. | |
4. Apakah ada sesuatu yang aneh? | Jawab : |
5. Bagaimana membuat sprite kucing berhenti ketika mencapai ujung? Notes: • Gunakan kontrol kondisional dengan kode control if-then. • Di sini, kalian juga menggunakan kode sensing untuk mengecek apakah objek sudah menabrak batas atau belum. • Menggunakan operator “not” juga karena logika kondisinya ialah: selama belum mencapai ujung, sprite akan terus bergerak sehingga secara otomatis ketika sprite mencapai ujung, sprite tidak akan melakukan aksi apa pun. | Jawab : |
6. Bagaimana caranya agar sprite kucing akan kembali ke titik awal (X:-190 dan Y:0) setiap mencapai ujung, dan kalau belum ujung sprite akan terus bergerak? * clue: gunakan control if-then-else * Manfaatkan control “if-then-else” (kondisi logika: ketika mencapai ujung, sprite kembali ke titik awal, kalau belum mencapai ujung, akan terus bergerak). | Jawab : |
7. Apa yang akan terjadi apabila blok “forever” dihilangkan? | Jawab : |
Baca Juga : Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi Halaman 75
Jawaban :
2. Control “repeat” hanya akan mengulang sejumlah nilai yang ditentukan, kalau control “forever” akan terus menerus mengulang hal tersebut.
4. Yang aneh adalah ketika sudah sampai ujung, sprite akan tetap berganti costumes terus menerus.
5. Untuk membuat sprite kucing berhenti ketika mencapai ujung dengan, tambahkan kondisi penentu (logikanya: kalau belum mencapai ujung, sprite akan terus bergerak).
6. Caranya agar sprite kucing akan kembali ke titik awal (X:190 dan Y:0).
7. Yang akan terjadi apabila blok “forever” hilang adalah sprite hanya akan bergerak 1x setiap kali bendera hijau ditekan.
Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas AP-K7-03: Jalan Tanpa Henti. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat belajar !
Disclaimer :
Baca Juga : Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Uji Kompetensi : Berbagi Batang Kayu
Pemerhati Pendidikan, Guru SMA di salah satu sekolah di Indonesia