Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas PLB-K8-05 Penghitung Uang Kembalian MHUK Versi 03

Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas PLB-K8-05 Penghitung Uang Kembalian MHUK Versi 03

Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas PLB-K8-05 Penghitung Uang Kembalian MHUK Versi 03,  Aktivitas pemanasan bisa dilaksanakan dengan cara unplugged pada bentuk bermain  peran (role play). Ada beberapa peran yang bisa digantikan manusia pada hal ini, pada hal ini ialah programmer (perancang program), penghitung uang yang bakalan bisa ditukar (komputer), dan pengguna mesin penukar.

Pembahasan soal kali ini terdapat pada buku Informatika SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Simak penjelasannya berikut ini!

Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas PLB-K8-05 Penghitung Uang Kembalian MHUK Versi 03

Proyek Uang Koin dapat dikembangkan dengan soal berikut Pernyataan Masalah:

Artefak komputasional pada Aktivitas PLB-K8-03 dapat dikembangkan untuk kebutuhan lebih lanjut, yaitu untuk penghitungan uang kembalian (dalam hal ini terbatas untuk uang logam). Penghitungan uang kembalian seperti transaksi yang terjadi di kasir, yaitu dengan spesifikasi yang diberikan dalam model komputasi sebagai berikut:

  • Input: dua buah nilai, X nilai pembelian dan Y nilai uang untuk pembayaran
  • Proses: menghitung nilai kembalian, sesuai dengan pecahan yang ada
  • Output: uang kembalian tertampil dilayar, sesuai dengan pecahan yang ada

Contoh: input X pembelian: 8000, Y pembayaran: 10000

Kembali:

Rp. 10000 – Rp. 8000 >> Rp. 2000

Koin kembali: 2 x Rp. 1000

Pengembalian koin dengan menyentuh sesuatu pada mesin penghitung sehingga nilai kumulatif uang di kotak uang menjadi berkurang. Perbedaan antara MHUK-versi-01 dengan MHUK-versi-03 ini adalah kemampuannya untuk menghitung kembalian dari uang pembayaran.

Solusi Aktivitas PLB-K8-05:

Tambahkan kode berikut pada kode sebelumnya.

Kode sebelumnya berhubungan dengan tampilan. Modifikasilah letak objek-objeknya
sehingga tampilan tampak sebagai berikut:

Ketika mengeluarkan uang ribuan sebanyak 2 kali, modifikasilah kode sebelumnya
sehingga dengan menyentuh klip tertentu dua kali, maka tampilan layar akan tampak
sebagai berikut: (Total berkurang 2000 dan nilai ribuan menjadi 0)

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas Inddividu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat belajar !

Disclaimer :

  1. Kunci jawaban pada artikel ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan kunci jawaban ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Kunci jawaban ini tidak mutlak kebenarannya.

Pemerhati Pendidikan, Guru SMA di salah satu sekolah di Indonesia

You might also like