Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-05 Eksplorasi Games Move a sprite

Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-05 Eksplorasi Games Move a sprite

Pada dunia grafika komputer, sprite ialah suatu komponen dalam sebuah program yang merupakan gambar bitmap dua dimensi. Sprite banyak digunakan untuk gambarkan objek seperti misalnya tokoh karakter maupun benda lain, baik diam atau bergerak. Sprite bergerak sebenarnya memanfaatkan dari
perubahan posisi dari sprite maupun gunakan gambar lain jadi terlihat seolah-olah terjadi animasi.

Pembahasan soal kali ini terdapat pada buku Informatika SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga :Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas K8-TIK-06 Menelaah dan Bereksperimen dengan Bacaan Digital

Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-05 Eksplorasi Games Move a sprite

Ayo, Bermain
Aktivitas Individu

Pada aktivitas ini, kalian akan mencoba untuk eksplorasi salah satu kode program dari kategori Games yang telah disediakan. Yang akan digunakanadalah proyek Move a sprite. Pada games ini, secara umum, kalian dapat menggunakan cursor pada keyboard kalian untuk memainkannya. Sebelum melanjutkan aktivitas, mari, pahami dulu tampilan awal dari Games Move a sprite yang dapat dilihat pada Gambar 7.12

Bagian A: menampilkan hasil program ketika program dijalankan.
Bagian B: menampilkan kumpulan kategori blok kode yang dapat digunakan.
Apabila kategori blok di-klik, akan muncul detail blok kode yang ada.
Bagian C: tempat menaruh blok-blok kode program yang dibuat.
Bagian D: keranjang sampah tempat membuang blok kode yang tidak jadi
digunakan.
Bagian E: tombol untuk menghentikan atau menjalankan program yang
dituliskan pada bagian C.

Baca juga:Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas BK-K7-03-U: Mengisi Ember

Jawaban…

Pada permainan ini, peserta didik diharapkan dapat mengingat kembali pemrograman Scratch, yang selalu dimulai dengan menuliskan kode pada Sprite. Guru menjelaskan, bahwa tidak semua pemrograman visual memakai pendekatan seperti itu. Walaupun Blockly mirip dengan Scratch, ternyata ada bedanya, terutama dalam hal penggunaan Sprite.

Sprite bukan objek yang utama dalam Blockly, akan dipahami peserta didik
melalui aktivitas ini. Pada Blockly, potongan gambar apa pun yang akan digerakkan di layar, dapat dipakai sebagai padanan “sprite” pada Scratch. Peserta didik perlu diberitahukan bahwa pada Scratch, drag & drop blok kode dilakukan untuk setiap sprite yang ada. Pada Blockly, blok kode ditempatkan di tempat yang sama dan pada bloknya dapat memilih kode tersebut akan berdampak ada sprite yang mana, sebagai contoh

Baca juga:Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas BK-K7-02-U Pengembangan Soal Gelang Warna-Warni

Pada blok [set sprite .. moveup to ..], akan muncul pilihan semua sprite yang tersedia untuk menentukan sprite yang terdampak. Gambar latar belakang disebut Backdrop pada Scratch, sedangkan pada Blockly,
layar belakang tampilan dapat menggunakan gambar maupun warna yang disebut background image atau background color.

 

 Kesimpulan

Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas Inddividu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat belajar !

Disclaimer :

  1. Kunci jawaban pada artikel ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan kunci jawaban ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Kunci jawaban ini tidak mutlak kebenarannya.

 

Pemerhati Pendidikan, Guru SMA di salah satu sekolah di Indonesia

You might also like