Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Lembar Kerja Peserta Didik Halaman 178, Setelah kita belajar Scratch waktu kelas VII, maka kita akan melakukan eksplorasi lanjutan pada Scratch. Untuk melakukan pengulangan, dan bisamenggunakan kode Control. Kode ini sendiri ada beberapa jenis, ada yang memiliki batasan dan ada yang tak terbatas. Kita perlu memahami kapan untuk penggunaan yang tepat pada masing-masing kode Control tersebut. Selanjutnya kita akan belajar terkait menerima input pada program.
Pembahasan soal kali ini terdapat pada buku Informatika SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Simak penjelasannya berikut ini.
Isi jawaban yang berbentuk kotak dengan hasil capture kode program Scratch kalian menggunakan snipping tools seperti yang kalian telah pelajari di Bab TIK.
Baca juga:Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi Halaman 75
Peserta didik diminta untuk memuat sebuah proyek Scratch baru dan pada kode program si Meong, peserta didik perlu membuat 2 buah Custom Block, yang satu tanpa parameter input dan yang satunya lagi menggunakan parameter input. Kedua Custom Block ini fungsinya mirip, yaitu melakukan pergerakan supaya sprite dapat “melompat”. Apa itu melompat? Naik, lalu turun kembali ke posisi semula.
Langkah
Custom Block tanpa Parameter
Tampilan
2. Panggil blok [jump] setiap kali tanda
“spasi” pada keyboard ditekan.
Note: gunakan blok event.
Tampilan
3. Buat Custom Block baru, dengan
nama [jumpWithHeight] dan beri
nama height untuk parameternya.
Lakukan:
– Duplikasi kode dari blok [jump]
sebelumnya.
– Ganti angka 50 menjadi
variable height yang dapat
ditarik dari bagian define blok
[jumpWithHeight].
Baca juga:Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas BK-K8-04-U
Tampilan
4. Jika event ketika tanda panah atas ↑
pada keyboard ditekan, program akan
memanggil blok [jumpWithHeight]
dengan nilai parameter 100.
Tampilan
Kesimpulan
Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas Inddividu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat belajar !
Disclaimer :
Baca Juga:KUNCI JAWABAN INFORMATIKA KELAS 8 Aktivitas BK-K8-03-U Pupuk Ajaib
Pemerhati Pendidikan, Guru SMA di salah satu sekolah di Indonesia