Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Uji Kompetensi tentang Algoritma dan Pemrograman

Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Uji Kompetensi tentang Algoritma dan Pemrograman – Halo sobat, pada kesempatan ini akan dibahas tentang soal uji kompetensi. Di mana kalian akan melakukan evaluasi belajar tentang alogaritma dan pemrograman. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Informatika SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka. Untuk penjelasan selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini !

Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Uji Kompetensi tentang Algoritma dan Pemrograman Halaman 213

Uji Kompetensi

Soal Esai

1. Ayo Kita Cocokkan – Mulai Pemrograman Pasangkan keterangan yang ada dengan fungsi/method yang sesuai!

Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Uji Kompetensi tentang Algoritma dan Pemrograman

Baca Juga : Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grafis

2. Ayo, Kita Selesaikan – Fungsi Dasar

Buatlah sebuah proyek sederhana di mana ketika bendera hijau dipilih (klik), sprite kucing akan terus berjalan sampai ujung dan kembali ke awal (posisi -190, 0), lalu jalan lagi. Jangan lupa, sprite kucing harus terlihat seperti berjalan normal. Tetapi, apabila sprite tersebut dipilih (klik), di mana pun posisinya, sprite kucing akan kembali ke titik awal.

Apabila sprite kucing dipilih (klik), akan ada suara meow 1 x dan backdrop akan berubah terus-menerus (suara meow dan pergantian backdrop terjadi bersamaan). Pilihan backdrop-nya ialah: Baseball 1, Basketball 1, dan Castle 2.

Ketika backdrop menampilkan Baseball 1, akan muncul sprite Baseball yang terus berputar di tempat. Posisi sprite baseball terus di titik (-85, -30).

Ketika backdrop menampilkan Basketball 1, akan muncul sprite Basketball yang terus berputar di tempat.  Posisi sprite basketball terus di titik (0, -40).

Ketika backdrop lainnya yang muncul, sprite Baseball dan Basketball tidak muncul.

Tuliskan dalam bentuk laporan sederhana bagaimana cara kalian membuatnya dan jelaskan menurut versi kalian!

Jawaban :

1. Hasil mencocokan :

Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Uji Kompetensi tentang Algoritma dan Pemrograman

Baca Juga : Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi Halaman 75

2. Tambahkan backdrop Baseball 1, Basketball 1, dan Castle 2. Jangan lupa hapus backdrop putih default.

Kode di sprite kucing

Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Uji Kompetensi tentang Algoritma dan Pemrograman

Kode di sprite baseball

Buat supaya sprite baseball tidak terlihat (hidden show) di bagian menu G.

Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Uji Kompetensi tentang Algoritma dan Pemrograman

Kode di sprite basketball

Buat supaya sprite basketball tidak terlihat (hidden show) di bagian menu G.

Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Uji Kompetensi tentang Algoritma dan Pemrograman

Baca Juga : Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Uji Kompetensi : Berbagi Batang Kayu

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Uji Kompetensi tentang Algoritma dan Pemrograman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat belajar !

Disclaimer :

  1. Kunci jawaban pada artikel ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan kunci jawaban ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Kunci jawaban ini tidak mutlak kebenarannya.

Pemerhati Pendidikan, Guru SMA di salah satu sekolah di Indonesia

You might also like