KUNCI JAWABAN INFORMATIKA KELAS 8 Aktivitas BK-K8-01-U: Mesin Pembentuk Kue

KUNCI JAWABAN INFORMATIKA KELAS 8 Aktivitas BK-K8-01-U: Mesin Pembentuk Kue

Pembahasan soal pada bab ini bertujuan untuk melatih kemampuan berpikir
peserta didik dengan konsep Berpikir Komputasional. Tujuan dari bab ini bukan melatih peserta didik untuk menjawab soal yang diberikan waktu singkat akantetapi soal-soal yang diberikan untuk memandu peserta didik dalam pembetukan pola pikir komputasional. Selain itu, pada tiap soal terdapat konsep Informatika yang perlu peserta didik ketahui. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Informatika SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Simak penjelasannya dibawah ini!

Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas BK-K8-01-U: Mesin Pembentuk Kue

Aktivitas Individu

Kerjakan tantangan berikut ini.

Bobo sedang bermain ke sebuah pabrik pembuat kue. Di pabrik tersebut, terdapat mesin yang dapat membentuk adonan kue menjadi bentuk-bentuk tertentu. Mesin tersebut memiliki tiga pintu masuk yang pada gambar ditandai dengan angka 1, 2, dan 3. Adonan kue akan dimasukkan ke dalam mesin melalui pintu masuk tersebut, mengalir di sepanjang jalur yang akan membawanya ke pintu keluar yang ditandai dengan huruf K.

Baca juga:KUNCI JAWABAN INFORMATIKA KELAS 8 Aktivitas BK-K8-03-U Pupuk Ajaib

Pada jalur-jalur mesin, terdapat alat pembentuk adonan yang dapat mengubah bentuk adonan tertentu menjadi bentuk lainnya. Alat tersebut ditandai dengan sebuah garis (strip). Pada setiap alat, terdapat petunjuk mengenai bentuk awal adonan yang akan diubah (A) dan bentuk akhir adonan setelah melalui alat tersebut (B). Proses itu dituliskan dengan A (tanda panah ke )B, yang artinya “jika adonan berbentuk A melewati alat tersebut, adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk B”. Jika adonan yang melalui alat tersebut tidak berbentuk A, adonan tidak akan mengalami perubahan bentuk. Contoh, jika ada adonan berbentuk segitiga melalui alat (segita tanda panah ke o), adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk lingkaran. Jika adonan yang melalui mesin tersebut berbentuk persegi atau lingkaran, tidak akan perubahan bentuk adonan.

Tantangan:

Jika Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian K, bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan dimasukkan ke pintu nomor berapa? 27 Bab 2 Berpikir Komputasional Pilih salah satu:

  1. Berikan input adonan berbentuk lingkaran (  o) ke lubang input nomor 1.
  2. Berikan input adonan berbentuk lingkaran (0) ke lubang input nomor 2.
  3. Berikan input adonan berbentuk segitiga (segitiga)ke lubang input nomor 2.
  4. Berikan input adonan berbentuk segitiga (segitiga) ke lubang input nomor 3.

Jawaban kalian adalah: B

Taruh sebuah lingkaran (o) ke input nomor 2

Tuliskan dengan ringkas, cara kalian menyelesaikan masalah tersebut. Jika kalian lebih suka menggambar, kalian juga boleh menuliskan cara penyelesaian dengan gambar.

Berikut adalah poses perubahan balok berdasarkan jawaban B.

balok

 

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas Inddividu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat belajar !

Baca juga:Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas GS-K7-01-U Berbagi Tugas dan Peran dalam Kelompok

Disclaimer :

  1. Kunci jawaban pada artikel ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan kunci jawaban ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Kunci jawaban ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca juga:Cara Trading Crypto Untuk Pemula dalam Dunia Investasi

Pemerhati Pendidikan, Guru SMA di salah satu sekolah di Indonesia

You might also like