Cara Menghilangkan Bau Mulut

Cara menghilangkan bau mulut – Bau mulut yang tidak sedap dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang, karena dapat memunculkan image negatif dari orang lain bahwa orang yang punya bau mulut tersebut merupakan orang yang jorok dan tidak suka menjaga kebersihan. Bau mulut dapat menjadi masalah bagi seseorang yang bekerjanya harus selalu berbicara dengan mitra bisnisnya, tentunya akan mengganggu jika ada aroma tidak sedap yang keluar dari mulut.cara menghilangkan bau mulut

Penyebab Bau Mulut

  • Kurang bisa menjaga kebersihan mulut. Biasakan sikat gigi minimal 2x sehari, pagi serta malam menjelang Anda tidur.
  • Makan makanan pemicu bau mulut seperti jengkol atau petai, makanan tersebut memanglah terasa enak di lidah, namun perlu diperhatikan juga bahwa makanan tersebut dapat memicu bau mulut.
  • kebiasaan merokok, merokok membuat bau mulut menjadi tidak enak, tidak sedap. Karena mulut menjadi bau tetembakau dan terasa kecut setiap saat.
  • Sakit sariawan, munculnya sariawan pada area mulut dapat menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap. Oleh karena itu segeralah obati sariawan.
  • Lupa sarapan pagi. Kebiasaan lupa sarapan pagi dapat menyebabkan mulut menjadi tidak sedap. Lakukanlah kebiasaan sarapan pagi dan meggosok gigi.
  • Gangguan pada gigi seperti gigi berlubang. Adanya gangguan pada gigi seperti gigi berlubang. Maka dapat menyebabkan bakteri pada gigi yang berlubang menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Apalagi pada saat sakit gigi, malas sikat gigi dan memasukkan makanan sehat lewat mulut dikarenakan menahan rasa sakit pada gigi.

Untuk mengurangi penyebab bau mulut, kali ini zonapintar.com akan membagikan Cara Mengatasi & Menghilangkan Bau Mulut antara lain adalah sebagai beriku.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

1. Menjaga mulut agar tetap lembab

Mulut kering merupakan sumber dari bau mulut, air liur dapat membantu agar mulut tetap lembab. Tidak hanya itu, air liur juga berfungsi sebagai antiseptik dan enzim yang membunuh bakteri. Berikut cara agar mulut tetap lembab:

  • Makan Permen karet. Permen karet dapat merangsang produksi air liur, namun perlu diketahui juga untuk menghindari permen rasa mints, karena mints tidak dapat mendorong produksi air liur. Maka pilihlah permen karet yang berkualitas, karena permen karet yang asal-asalan dapat menyebabkan gigi sakit.
  • Minum air. Air tidak selalu meningkatkan produksi air liur, namun air dapat membersihkan mulut dan membuat mulut tetap lembab.
  • Berkumur. Sering berkumur dapat membersihkan sisa-sisa makan pada mulut.

2. Gosok gigi secara teratur

Gosok gigi secara teratur dapat bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut.

3.  Menghentikan kebiasaan merokok

Rokok selain buruk bagi kesehatan, dengan menghentikan kebiasaan merokok ternyata dapat mengurangi bau mulut yang tidak sedap.

4. Hindari makanan yang menimbulkan bau mulut.

Hindari untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menimbulkan bau mulut seperti petai dan jengkol, karena dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

5. Konsumsi buah-buahan

Banyak mengkonsumsi buah-buahan, apalagi yang banyak mengandung vitamin c seperti jeruk, apel, pisang dll ternyata dapat membantu memerangi bakteri di mulut dan juga bermanfaat menghilangkan bau mulut.

6. Mengkonsumsi Jus Jeruk atau Jus Nanas

Sebelum tidur, buatlah segelas jus jeruk atau jus nanas dengan air hangat yang ditambahkan satu sendok madu dan sedikit kayu manis untuk menambah rasa yang nikmat. Dengan mengkonsumsi jus jeruk atau nanas dapat membuat bangun pagi dengan napas yang segar.

7. Menghindari gigi dan gusi yang berlubang

Gigi yang berlubang, sisa akar gigi yang tidak dicabut, gusi membengkak, dan banyaknya karang gigi, dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap. Karena hal tersebut merupakan tempat tertimbunnya bakteri.

8. Menyikat gigi minimal 2 kali sehari

Menyikat gigi minimal dua kali sehari dan membersihkan sela gigi dengan benang floss minimal satu kali sehari, dapat mengurangi masalah bau mulut.

Demikian artikel mengenai Cara Menghilangkan Bau Mulut, semoga bermanfaat. zonapintar.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.