Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Lembar Kerja Peserta Didik Halaman 174

Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Lembar Kerja Peserta Didik Halaman 174

Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Lembar Kerja Peserta Didik Halaman 174, Variable merupakan suatu  nama yang dipakai  untuk simpan sebuah nilai, dan nilai yang disimpan bisa dirubah dengan blok [set variable to] maupun [change variable by]. Variable bisa dikenali pada semua Sprite (global variable) atau hanya dikenali di Sprite yang aktif saat Variable dibuat (local variable).

Pembahasan soal kali ini terdapat pada buku Informatika SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga:Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Uji Kompetensi : Berbagi Batang Kayu

 

Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Lembar Kerja Peserta Didik Halaman 174

Lembar Kerja Peserta Didik

Isi jawaban yang berbentuk kotak dengan hasil capture kode program Scratch kalian menggunakan snipping tools seperti yang kalian telah pelajari di Bab TIK. Kadang kala, kalian dapat melakukan copy & paste potongan kode program untuk mempercepat pengerjaan. Tetapi, perlu diingat bahwa kalian tetap tidak boleh menyontek.

Jawaban…..

Langkah-Langkah                                                                                 

 

  • Membuat sebuah proyek baru dengan:
    backdrop Basketball, Sprite Cat, SpritePerson, dan Sprite Basketball serta
    backdrop Basketball 1.

Posisikan Sprite Cat dan Sprite Person
pada sisi yang berlawanan dan Sprite
Basketball berada di tengahnya.

  Tampilan

 

  • Buatlah juga agar sprite Basketball si
    Bola berputar secara terus-menerus.
    Manfaatkan kode control forever.

Baca juga:Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas K8-TIK-06 Menelaah dan Bereksperimen dengan Bacaan Digital

            Tampilan

 

  • Program meminta input dari pengguna
    melalui blok ask pada bagian kode
    Sensing.
    Pada contoh ini, permintaan input
    dititipkan kodenya pada sprite Cat
    karena si Meong yang akan menyapa
    pengguna dan sapaan muncul setelah
    pengguna menekan tanda spasi pada
    keyboard. Input dari pengguna ini juga akan
    ditampung dalam Variabel answer.

    Tampilan

  • Bagaimana kode program agar si
    Meong menampilkan kembali hasil
    input kalian dalam sapaan?

          Tampilan

         

Baca juga:Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas BK-K8-06-U: Belajar Menyulam

  • Tambahkan kode berikut pada sprite si
    Tika.
    Kode ini akan membuat variable
    score akan terus bertambah apabila si
    Bola mengenai si Tika.
    Apabila di bagian kode variable, nama
    variable diceklis, variable tersebut
    akan muncul di bagian tampilan grid
    view.

          Tampilan

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas Inddividu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat belajar !

Disclaimer :

  1. Kunci jawaban pada artikel ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan kunci jawaban ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Kunci jawaban ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca juga:Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas BK-K8-05-U

Pemerhati Pendidikan, Guru SMA di salah satu sekolah di Indonesia

You might also like