Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grafis

Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grafis – Pada kesempatan ini akan dibahas tentang berkenalan dengan antarmuka berbasis grafis. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Informatika SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka.  Untuk penjelasan selengkapnya, mari kita Simak bersama ulasan berikut ini !

Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grafis Halaman 40

Aktivitas Individu

TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grafis

Apakah kalian tahu bahwa banyak jenis ponsel, berbeda merk, dan berbeda sistem operasinya? Namun, walaupun berbeda merk, berbeda sistem operasi, dan sedikit berbeda antarmukanya, semua ponsel memiliki fungsi yang sama. Hal ini bisa dianalogikan dengan alat lain, seperti mobil, televisi, atau alat elektronik berbagai merk, yang sebetulnya memiliki fungsi yang sama, hanya tampilannya yang sedikit berbeda. Pada aktivitas ini, kalian berlatih mengenali jenis-jenis objek pada antarmuka berbasis grafis G( UI).

Apa yang Kalian Perlukan?

  • Komputer/ponsel yang telah terpasang sistem operasi. Apa yang Harus Kalian Lakukan?
  • Bukalah aplikasi kalkulator pada komputer/ponsel kalian!
  • Hitunglah ekspresi berikut, sambil mencoba berinteraksi!

Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grafis

Baca Juga : Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas BK-K7-01-U Gelang Warna-Warni

  • Setelah selesai, klik ikon/tombol-tombol berikut dan tentukan kegunaan objek-objek dalam windows calculator.

Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grafis

  • Setelah itu, cobalah aplikasi lain, yaitu Calendar/Kalender, dan File Explorer.

Jawaban :

Hasil menghitung :

2+7+3 = 12

2*7*3 = 42

45:60 = 0,75

-2+9 = 7

34²= 1.156

√16/2 = 2

Baca Juga : Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Merencanakan Kerja Kelompok

Menentukan kegunaan objek-objek dalam windows calculator :

1. Perkalian

2. Pengurangan

3. Menampilkan layar penuh kalkulator

4. Memperkecil tampilan layar kalkulator

5. Tempat menulis angka

6. Nama aplikasi kalkulator

7. Menampilkan kalkulator pada pojok layar komputer

8. Menu pada kalkulator

9. Nomor tujuh

10. Nomor satu

11. Sama dengan atau hasil perhitungan

12. Kembali ke nol atau memulai perhitungan awal

Aplikasi Calendar/Kalender, dan File Explorer :

Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grafis

Baca Juga : Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas GS-K7-01-U Berbagi Tugas dan Peran dalam Kelompok

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grafis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat belajar !

Disclaimer :

1. Kunci jawaban pada artikel ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.

2. Jadikan kunci jawaban ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

3. Kunci jawaban ini tidak mutlak kebenarannya.

Pemerhati Pendidikan, Guru SMA di salah satu sekolah di Indonesia

You might also like