Perbedaan Rajungan Dan Kepiting

Perbedaan Rajungan Dan Kepiting

Kepiting rajungan.. kepiting rajungan.. hayo siapa yang bisa membedakan, pasti sahabat-sahabat zonapintar.com ingin tahu dong perbedaan kepiting dan rajungan, biar ga salah lagi. Nih,, zonapintar akan berbagi artikel tentang perbedaan rajungan dan kepiting. Hiyaa… yuk simak sama-sama.

perbedaan rajungan dan kepiting

perbedaan rajungan dan kepiting

  • dari gambar diatas terlihat yah secara morfologi Rajungan memiliki capit yang pipih dan panjang, sedangkan kepiting punya capit yang besar dan bulat,
  • Sedangkan pada bagian tubuh, rajungan memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping serta memiliki warna yang begitu menarik pada bagian karapasnya. Pada bagian ujung karapasnya relatif lebih panjang dan runcing. Sedangkan kepiting memiliki rangkan luar yang lebih tebal dan keras daripada rajungan.
  • Perlu diketahui juga nih, kalau rajungan hanya dapat hidup di air. Rajungan akan mati tidak lama setelah dikeluarkan dari air. Tidak seperti kepiting yang masih dapat bertahan hidup.
  • Rajungan hidup di satu alam saja (air), lha kalau kepiting hidup di dua alam (darat dan air).
  • Nich yang paling penting cara membedakan rajungan dan kepiting, perbedaannya terletak pada kaki yang paling belakang. Pada rajungan, kaki yang terakhir itu merupakan sejenis anggota tubuh yang pipih (tidak runcing seperti kaki lainnya) dan umumnya digunakan untuk berenang. bisa dilihat bawa gambar di bawah ini.

penampakan rajungan seperti gambar di bawah ini (kaki paling belakang pipih):

perbedaan rajungan dan kepiting

penampakan kepiting seperti gambar di bawah ini (kaki paling belakang lancip seperti kaki lainnya):

perbedaan kepiting dan rajungan

gimana? udah tahu kan? itulah beberapa perbedaan kepiting dan rajungan. 🙂

Adapun tips-tips untuk memilih rajungan yang segar ketika anda membeli yaitu:

  1. Pilihlah rajungan yang masih lengkap jari-jarinya, terutama pada bagian capitnya pilihlah yang belum putus.
  2. Perhatikan pada bagian matanya, jika bergerak masuk-keluar, itu berarti masih hidup. Jari-jari yang masih bergerak juga bisa dijadikan sebagai patokan apakah rajungan itu masih hidup atau sudah mati.

ciyeee sekarang sahabat zonapintar.com sudah tau semua kan perbedaan rajungan dan kepiting jadi tidak perlu bingung-bingung lagi kan… siiip semoga bermanfaat, salam pintar dari zonapintar.com 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.