Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Kurma Bagi KesehatanPhoenix dactylifera biasa dikenal dengan nama buah kurma yang biasa dikonsumsi sebagai manisan, terutama di bulan puasa. Rasanya yang manis dipercaya dapat mengembalikan kebugaran tubuh setelah seharian berpuasa. Beberapa hasil studi menyebutkan bahwa buah kurma memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Maka dari itu zonapintar akan mengulas artikel yang berjudul Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan.

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

1. Alergi

Kandungan sulfur organik dalam kurma bermanfaat untuk mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman. Menurut penelitian di tahun 2002, kandungan sulfur organic mempunyai dampak positif pada penderita SAR (Seasonal Allergic Rhinitis), yang mempengaruhi 23 juta penduduk Amerika Serikat.

2. Anemia

Kandungan tinggi zat besi pada kurma dapat menyeimbangkan kekurangan zat besi pada pasien anemia, meningkatkan energi dan tenaga, dan disaat yang bersamaan mengurangi rasa lelah dan lesu.

3. Mengatasi Mabuk

Kurma memberikan efek kelegaan dalam waktu yang cepat dan menyadarkan anda jika anda telah mengkonsumsi alkohol. Kurma juga dapat digunakan pada keesokan harinya untuk mencegah rasa pusing akibat mabuk. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pijat dan rendam buah kurma semalam.

4. Diare

Kurma yang masih muda mengandung zat potassium, zat pottasium efektif untuk mengendalikan diare. Serat terlarut pada kurma membantu proses penyembuhan diare, dengan membantu kinerja usus dan mempromosikan fungsi sistem pembuangan yang normal dan sehat.

5. Konstipasi

Kurma memiliki tingkat serat yang tinggi, yang bermanfaat bagi kesehatan perut dan memperlancar buang air besar, sehingga dapat menyembuhkan gejala konstipasi. Caranya rendamlah kurma dalam air semalam. Kemudian, makan kurma yang telah direndam sehingga menjadi seperti sirup.

6. Gangguan Usus

Kandungan nikotin pada kurma bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan usus. Konsumsi buah kurma secara rutin dapat membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan membantu menstimulasi bakteri yang bermanfaat bagi tubuh pada usus.

7. Kesehatan Sistem Syaraf

Kandungan vitamin pada kurma bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem syaraf. Zat potassium dalam kurma bermanfaat dalam mempromosikan sistem syaraf yang sehat dan responsif, serta meningkatkan kecepatan dan kesiagaan aktivitas otak.

8. Kesehatan Jantung

Ternyata kurma juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung lho.. caranya rendam kurma semalman, lalu ditumbuk dan tumbukan kurma siap untuk dimakan. Kurma akan menunjukkan dampak positif pada jantung yang lemah. Jika anda mengkonsumsi kurma 2 kali seminggi, buah kurma dapat menjaga kesehatan jantung secara signifikan.

9. Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Kandungan mineral pada buah kurma bermanfaat untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium. Zat tersebut merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang, khususnya bagi orang-orang yang mulai menua dan tulang mereka mulai melemah.

10. Menaikkan Berat Badan

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan selanjutnya yaitu dapat menaikkan berat badan. Kurma mengandung protein, gula, dan vitamin penting lainnya. Dalam satu kilogram kurma mengandung kurang lebih 3.000 kalori, sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh manusia.

11. Masalah Seksual

Kurma juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina seksual. Caranya rendam kurma dalam susu kambing murni semalam, lalu giling dicampur dengan serbuk kapulaga dan madu. Campuran ini menjadi tonik yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan seksual dan mengurangi sterilitas yang disebabkan oleh gangguan seksual.

12. Kanker Abdomen

Penelitian menunjukkan bahwa kurma dapat dimanfaatkan untuk mengurangi risiko dan dampak dari kanker abdomen.

13. Mengatasi kulit kusam

Nihh buat para wanita ternyata kurma juga bermanfaat untuk mengatasi kulit kusam lho. Kulit sehat, putih dan bersiar tentunya membuat anda para wanita dapat tampil lebih percaya diri. Kandungan vitamin A pada kurma mampu menyingkirkan sel kulit mati ataupun kering. Sedangkan kandungan Vitamin B5 atau biasa disebut dengan asam pantotenat yang terdapat di dalam buah kurma mampu memperbaiki kulit rusak yang disebabkan oleh radikal bebas.

14. Mencegah penuaan dini

Zat antioksidan dalam kurma sangat efektif untuk melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Dengan mengkoonsumsi buah kurma secara teratur maka elastisitas kulit kita akan tetap terjaga, sehingga kulit kencang dan awet muda.

15. Mencegah infeksi pada kulit sensitif

Kandungan protein dan vitamin B6 dalam buah kurma bermanfaat untuk mencegah infeksi dan iritasi bagi anda yang memiliki kulit sensitif. Caranya haluskan kurma dan yoghurt dingin ke dalam blender, kemudian dioleskan pada wajah sebagai masker. Dan biarkan menempel pada wajah anda selama beberapa menit, sebelum dibilas.

16. Menjaga kekenyalan dan kelembutan kulit

Siapa sih yang tidak menginginkan kulit kenyal dan lembut, nih ternyata buah kurma juga bermanfaat untuk melembutkan, dan menjaga kekenyalan kulit lho. Caranya masukkan buah kurma, aprikot, dan cranberries ke dalam blender lalu tambahkan dengan satu setengah sendok teh oatmeal ke dalamnya, haluskan semua bahan hingga lumat, kemudian gunakan sebagai scrub sewaktu mandi.

17. Mengatasi rambut kering dan bercabang

Asam pantotenat dalam kurma sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut. Konsumsi buah kurma secara teratur dapat mengatasi berbagai masalah rambut bercabang, rapuh dan kering.

18. Mengatasi rambut rontok

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam kurma mampu mensuplay nutrisi ke kulit kepala dan akar rambut, sehingga membuatnya makin kuat dan sehat.

Semoga artikel tentang Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan dapat bermanfaat.

Salam , Zonapintar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.