Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

manfaat brokoli hijau untuk kesehatanBrokoli sayuran yang berwarna hijau tua yang mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin ini memiliki nama ilmiah yaitu Brassica oleracea. Banyak sekali manfaat brokoli bagi kesehatan. Mau tahu?

Dalam satu mangkok brokoli mengandung:

Energi 43.68 kkal Vitamin B1 (Thiamin) 0.09 mg
Protein 4.66 g Vitamin B2 (Riboflavin) 0.18 mg
Asam lemak omega-3 0.20 g Vitamin B6 (Pyrodoxin) 0.22 mg
Karbohidrat 8.19 g Vitamin B3 (Niasin) 0.94 mg
Lemak 0.55 g Vitamin B5 0.79 mg
Kalsium 74.72 mg Vitamin B9 (Folat) 93.91 mcg
Potassium(kalium) 505.44 mg Vitamin C 123.40 mg
Fosfor 102.80 mg Vitamin E 0.75 mg
Zat besi 1.37 mg Vitamin K 155.20 mg
Zinc (Zn) 0.62 mg Serat 4.68 g
Magnesium 39.00 mg Mangan 0.34 mg
Vitamin A 228.07 RE Triptofan 0,05 g

Banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin pada brokoli, oleh karena itu manfaat brokoli bagi kesehatan tentunya juga banyak sekali. Berikut manfaat brokoli untuk kesehatan.

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

  1. Mencegah kanker

Brokoli mengandung senyawa glucoraphanin, ketika dalam tubuh akan diproses menjadi senyawa anti-kanker dan senyawa sulforaphane. Senyawa tersebut berfungsi untuk mengusir bakteri Helicobacter pylori dalam tubuh. Helicobacter pylori merupakan bakteri yang diketahui dapat meningkatkan risiko kanker lambung. Brokoli juga mengandung indole-3-carbinol, yang merupakan senyawa antioksidan dan anti-karsinogen yang dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat, kanker payudara, kanker leher rahim (kanker serviks) dan dapat meningkatkan fungsi hati.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Brokoli mengandung karotenoid lutein yang bermanfaat untuk memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh sehingga dapat memerangi penyakit jantung dan stroke. Selain itu, vitamin B6 dan asam folat dalam brokoli dapat mengurangi aterosklerosis dan radang pada pembuluh darah manusia.

  1. Menjaga kesehatan mata

Brokoli merupakan sumber utama vitamin A yang diperlukan untuk membentuk retina pada mata. Selain itu, Karotenoid lutein (pigmen organik) yang terkandung dalam brokoli bisa mencegah degenerasi makular terkait usia dan katarak, serta memiliki efek anti kanker.

  1. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Sebuah studi menunjukkan bahwa tinggi folat dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan brokoli merupakan salah satu makanan yang mengandung zat tersebut.

  1. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi

Brokoli banyak mengandung serat yang dapat mengurangi kolesterol, kromium, dan potasium, yang bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah.

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Brokoli mengandung beta-karoten yang tinggi, yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan mineral-mineral lain seperti seng dan selenium merupakan aktor utama untuk menjaga pertahanan kekebalan tubuh.

  1. Menjaga sistem saraf

Brokoli mengandung kalium yang tinggi yang membantu menjaga sistem saraf yang sehat serta fungsi otak yang optimal, dan mendorong perkembangan otot.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K yang tinggi yang dapat menjaga kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Brokoli mengandung vitamin C, beta-karoten, dan vitamin B kompleks, serta vitamun E yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

  1. Melindungi terhadap radiasi sinar UV (Ultra Violet)

Brokoli mengandung senyaw sulforaphane yang membantu mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang disebabkan oleh paparan radiasi UV

  1. Melawan radikal bebas

Brokoli mengandung vitamin C dan antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C merupakan antihistamin yang efektif untuk meringankan flu yang menyerang.

  1. Mencegah anemia

Brokoli mengandung zat besi dan asam folat, yang membantu mencegah anemia akibat defisiensi besi.

  1. Membantu menjaga kehamilan agar tetap sehat

Brokoli adalah sumber folat yang membantu mencegah cacat saraf seperti spina bifida dalam janin. Sumber folat sangat dbutuhkan wanita selama kehamilan.

  1. Menjaga kesehatan bayi

Manfaat brokoli untuk bayi yaitu membantu dalam perkembangan dan pertumbuhan tulang bayi. Selain itu, brokoli juga dapat meningkatkan sistem imun pada bayi sehingga bayi tidak mudah terserang penyakit.

  1. Membantu diet

Brokoli merupakan sayuran yang rendah akan karbohidrat dan banyak mengandung serat, sehingga bisa membantu menurunkan berat tubuh.

Demikian artikel tentang Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat.. zonapintar.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.