Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

Manfaat bayam bagi kesehatanPopeye si pelaut tuuut tuuut… bacanya jangan sambil dilaguin yaa.. hahaa… Anak tahun 90an pasti kenal dong dengan kartun popeye yang suka banget makan bayam ketika lagi kehabisan energi waktu nyelametin si olive.. hemmm kali ini zonapintar.com akan membagikan info mengenai bayam. Bayam ternyata sangat bermanfaat lho buat kesehatan tubuh kita, siapa sih yang gamau sehat.. nah sekarang kita baca dulu yaa apa saja manfaat bayam bagi kesehatan.

Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

1.Baik bagi kecerdasan otak

Kandungan vitamin K dalam bayam mampu memberikan kontribusi pada sistem syaraf dan fungsi otak untuk sintesis sphingolipids (lemak yang membentuk selubung mielin di sekitar syaraf)

2. Menurunkan berat badan

Bayam mengandung serat lebih dari 20% dan baik untuk membantu menurunkan berat badan. Bagi yang sedang berdiet, bayam berperan lho untuk diet karena bayam dapat memenuhi serat dalam tubuh dan mengurangi nafsu makan.

3. Membantu proses pertumbuhan

Kandungan zat besi pada bayam sangat bermanfaat pada proses pertumbuhan. Bayam mengandung kalori yang rendah lemak dan bebas kolesterol.

4. Anti inflamasi

Bayam mengandung senyawa neoxanthin dan violaxanthin yang berfungsi untuk regulasi peradangan.

5. Antioksidan

Bayam mengandung vitamin C. Vitamin E, beta-caroten, mangan, seng, dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan dalam memerangi osteoporosis, aterosklerosis, dan tekanan darah tinggi.

6. Untuk kesehatan mata

Bayam mengandung kalium, zat besi, dan vitamin A yang dapat menjernihkan mata dan membuat mata lebih sehat. Apabila bayam dikonsumsi setiap hari maka dapat mencegah penyakit mata, seperti rabun ataupun katarak.

7. Menurunkan tekanan darah

Bayam bermanfaat untuk Ibu hamil untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Karena resiko tekanan darah tinggi pada ibu hamil sangat tinggi.

8. Menambah kekebalan tubuh

Secangkir bayam mengandung 337% dari Angka Kecukupan gizi vitamin A yang merupakan komponen kunci dari limfosit atau sel darah putih yang mampu memerangi infeksi.

9. Menjaga kesehatan kulit

Bayam mengandung vitamin A yang sangat banyak sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. seperti menjaga kelembapan, menghilangkan jerawat dan juga sebagai anti keriput.

10. Mencegah dan mengobati kanker

Bayam dapat mencegah dan mengobati kanker karena mengandung flavonoid. Flavonoid merupakan phyonutrisi dengan sifat anti kanker, karena dapat memeperlambat pembelahan sel dalam perut manusia dan sel-sel kanker kulit. Selain itu, bayam juga mampu memberi perlindungan yang signifikan terhadap terjadinya kanker prostat agresif.

Karena bayam sangat bermanfaat untuk kesehatan, cara mengolah bayam juga harus diperhatikan. Berikut adalah cara mengolah bayam dengan tepat:

  1. Konsumsi sayuran bayam sesaat setelah dimasak, jangan sampai dikonsumsi setelah 5 jam diatas meja, karena sayuran tersebut mengandung zat ferri dan nitrat. Karena jika zat ini teroksidasi maka akan menjadi nitrit yang bersifat racun.
  2. Jangan mengolah bayam dalam perkakas yang terbuat dari bahan aluminium, karena dapat terjadi reaksi antara zat besi yang terkandung dalam bayam dan perkakas aluminium sehingga menimbulkan senyawa yang bersifat racun.
  3. Bagi yang menderita sakit rematik atau asam urat, disarankan jangan mengkonsumsi bayam karena dapat menimbulkan rasa ngilu, karena bayam mengandung zat purin, ketika dalam proses pencernaan akan dirubah menjadi asam urat dalam tubuh.

nah.. sekarang sahabat-sahabat zona pintar sudah tau kan apa saja Manfaat Bayam Bagi Kesehatan dan juga tips-tips dalam mengolah bayam yang tepat agar manfaatnyapun tidak terbuang sia-sia.. semoga artikel yang berjudul manfaat bayam bagi kesehatan ini bermanfaat bagi anda, salam pintar dari zonapintar.com 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.