Bahaya Tidur Setelah Makan

bahaya tidur setelah makanBahaya tidur setelah makan wajib kita hindari. Sudah sering kita mendengar bahwa jika kita makan sebelum tidur memiliki efek yang cukup berbahaya bagi tubuh. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kebiasaan tidur setelah makan, seperti kurangnya nutrisi pada jangka waktu pagi hingga sore hari, sehingga kita merasakan lapar ketika akan tidur di malam hari. Di bawah ini adalah bahaya tidur setelah makan.

Bahaya Tidur Setelah Makan :

1.Obesitas atau berat badan naik

Makan pada larut malam sangat berbahaya karena bisa membuat lemak menumpuk lebih banyak pada tubuh. Jika anda merasakan lapar saat tengah makan, sebaiknya cobalah mengisi perut dengan makanan yang sehat seperti salad dan buah, dan hindari makanan yang tinggi kalori seperti kue atau pizza. Salah satu efek buruk yang mungkin terjadi apabila anda mengkonsumsi camilan atau makanan berat sebelum tidur adalah berat badan anda naik secara drastis bahkan dapat mengalami obesitas, dimana obesitas ini dapat membuat badan menjadi melar berkali lipat. Hal itu dapat terjadi karena setiap makanan ataupun camilan yang masuk dalam tubuh memiliki kandungan kalori yang dibutuhkan dalam tubuh untuk melakukan aktivitas, sedangkan ketika setelah makan anda langsung tidur maka kalori tersebut tidak akan terbakar, dan akan menjadi lemak yang menumpuk di dalam tubuh, sehingga akan menambah berat badan secara drastis, dan pada akhirnya Anda akan mengalami kegemukan atau obesitas.

2. Refluk asam

Refluk asam atau dengan istilah asingnya Aacid reflux merupakan suatu kondisi dimana asam lambung naik ke daerah kerongkongan atau tenggorokan, karena ketika anda setelah mengkonsumsi camilan atau makanan berat pada malam hari langsung berbaring dan berusaha untuk tidur, maka asam lambung asam lambung akan naik ke atas, terutama ke bagian tenggorokan dan kerongkongan anda. Oleh karena itu dapat menyebabkan efek perih dan sakit di kerongkongan atau tenggorokan pada saat anda bangun pada keesokan harinya.

3. Rasa panas atau tidak nyaman di dada

Ketika tubuh berbaring, sistem pencernaan akan bekerja lebih keras, apalagi bila anda langsung tidur setelah makan, maka sistem pencernaan akan bekerja lebih keras lagi, sehingga dapat memicu sakit maag, karena disebabkan oleh kelebihan asam lambung sehingga dapat menimbulkan rasa panas yang menyebar naik dari perut ke dada dan terkadang sampai ke tenggorokan.

4. Diabetes

Apabila anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi camilan atau makanan berat sebelum tidur, dapat menyebabkan munculnya penyakit diabetes, karena terjadi penumpukan lemak dalam tubuh anda.

5. Serangan Jantung

Tumpukan lemak dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada bagian -bagian pembuluh darah sehingga beresiko mengalami serangan jantung. Penumpukan lemak dapat terjadi karena kebiasaan makan sebelum tidur, sehingga membuat lemak dan kalori tidak akan terbakar.

6. Stroke

Menurut hasil sebuah penelitian yang dilakukan University of Ioannina, Yunani, Kebiasaan langsung tidur setelah makan dapat meningkatkan resiko mengalami stroke. Penelitian yang melibatkan 500 responden orang sehat menemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling cepat antara makan & tidur mempunyai risiko tertinggi untuk mengalami stroke.

Demikian artikel dari zonapintar.com mengenai bahaya tidur setelah makan, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.