Arti dan Makna Lambang Pancasila Sila ke 1 sampai 5

Arti dan Makna Lambang Pancasila Sila ke 1 sampai 5

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Nama Pancasila berasal dari bahasa sansekerta yaitu ‘panca’ yang berarti lima dan ‘sila’ yang berarti dasar. Pancasila memiliki arti lima dasar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila yang tersusun dari 5 sila ini tergambar pada bagian perisai dari lambang negara Indonesia, yaitu Garuda Pancasila. Berikut penjelasan tentang arti dan makna lambang pancasila sila ke 1 sampai 5:

arti dan makna lambang pancasila sila ke 1 sampai 5

Arti Lambang Pancasila Sila Pertama ( ke 1 )

Pada sila pertama berlambangkan bintang, yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa“. Simbol bintang memiliki lima sudut yang melambangkan sila pertama Pancasila. Bintang melambangkan sebuah cahaya, seperti cahaya yang dipancarkan oleh Tuhan YME kepada setiap manusia. Lambang bintang juga diartikan sebagai sebuah cahaya untuk menerangi Dasar Negara yang lima (Pembukaan UUD ‘45 alinea 4), Sifat Negara yang lima (pembukaan UUD ’45 alinea 2), dan tujuan negara yang lima (Pembukaan UUD ’46 alinea 4). Sedangkan latar berwarna hitam menunjukkan warna alam dan mengandung arti bahwa berkat rahmat Tuhan YME adalah sumber dari segalanya.

Arti Lambang Pancasila Sila Kedua ( ke 2 )

Pada sila kedua berlambangkan rantai, yang berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab“. Rantai tersebut terdiri atas mata rantai yang berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling berkaitan membentuk lingkaran. Mata rantai segi empat melambangkan laki-laki, sedangkan yang lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkait pun melambangkan bahwa setiap manusia, laki-laki dan perempuan, membutuhkan satu sama lain dan perlu bersatu sehingga menjadi kuat seperti sebuah rantai.

Arti lambang Pancasila Sila Ketiga  ( ke 3 )

Pada sila ketiga berlambangkan pohon beringin, yang berbunyi Persatuan Indonesia. Pohon beringin melambangkan pohon besar yang bisa digunakan oleh banyak orang sebagai tempat berteduh dibawahnya. Hal ini mewakili Negara Indonesia yang menjadi tempat berteduh semua rakyat Indonesia. Pohon beringin juga memiliki sulur dan akar yang menjalar ke segala arah. Hal ini mewakili negara kesatuan yang memiliki berbagai akar budaya yang berbeda-beda.

Arti lambang Pancasila Sila Keempat ( ke 4 )

Pada sila keempat berlambangkan kepala banteng, yang berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan. Kepala banteng melambangkan hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya dengan manusia cetusan Presiden Soekarno dimana pengambilan keputusan yang dilakukan bersama (musyawarah), gotong royong, dan kekeluargaan merupakan nilai-nilai khas bangsa Indonesia.

Arti lambang Pancasila Sila Kelima ( ke 5 )

Pada sila kelima berlambangkan Padi dan kapas, yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.  Padi dan kapas menggambarkan sandang dan pangan yang merupakan sebuah kebutuhan pokok setiap masyarakat Indonesia tanpa melihat status maupun kedudukannya. Hal ini menggambarkan persamaan sosial dimana tidak adanya kesenjangan sosial satu dengan yang lainnya, namun hal ini bukan berarti bahwa negara Indonesia memakai ideologi komunisme.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.